Show simple item record

dc.contributor.advisorSimanjuntak, Megawati
dc.contributor.advisorZulbainarni, Nimmi
dc.contributor.authorNurlita, Shelly
dc.date.accessioned2024-02-05T07:00:12Z
dc.date.available2024-02-05T07:00:12Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/137600
dc.description.abstractKebutuhan energi listrik terus meningkat dan mengakibatkan bahan baku utama energi global bergantung pada bahan baku fosil semakin menipis dan menghasilkan emisi karbon. Permasalahan emisi karbon telah menjadi permasalahan global yang menyebabkan beberapa negara dan bisnis di seluruh dunia berkomitmen untuk mendorong net zero emission secara global. Hal ini membuat berkembangnya Energi Baru Terbarukan (EBT). Penggunaan energi surya merupakan salah satu pilihan sebagai sumber energi alternatif di Indonesia dilihat dari perkembangan teknologi serta penurunan harga dari penggunaan panel surya. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) juga memiliki potensi terbesar di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik potential customer segmentation, mengidentifikasi menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli serta memformulasikan strategi pemasaran untuk meningkatkan minat beli panel surya atap di Indonesia. Penelitian ini mengambill 244 responden yang berusia minimal 21 tahun dan memiliki rumah dengan golongan listrik rumah tangga dengan minimal daya 3500 VA. Pengumpulan data dilakukan secara online. Analisis dilakukan menggunakan SEM-PLS, analisis biplot, analisis STP, serta strategi pemasaran 4P. Karakteristik potential customer segmentation di Indonesia mayoritas bertempat tinggal di provinsi Jawa Barat, berusia 21-30 tahun, berjenis kelamin perempuan, memiliki pendidikan terakhir mayoritas S1 dan memiliki pekerjaan sebagai karyawan dengan pendapatan perbulan mayoritas lebih dari Rp10.000.000. Responden pada penelitian ini memiliki daya listrik mayoritas 3.500 VA dengan rata-rata biaya listrik yang dikeluarkan tiap bulan lebih besar dari Rp1.000.000 serta didapati mayoritas responden memiliki kepedulian terhadap lingkungan sebesar dan lebih memilih membeli produk yang ramah lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli panel surya adalah effort expectancy, performance expectancy, product knowledge dan social influence. Sedangkan facilitating condition dan green awareness tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli panel surya atap. Rekomendasi strategi dalam meningkatkan minat beli disusun berdasarkan marketing mix 4P. Strategi product dengan memperbaiki kualitas, pelayanan perusahaan dan meingkatkan brand awareness. Strategi price dengan menyediakan pricelist dan memberikan metode pembayaran cicilan. Strategi promotion dengan melakukan promosi di sosial media, advertising serta E-WOM. Strategi place dengan membuka offline booth pada event dan melakukan offline event.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleStrategi Peningkatan Minat Beli Panel Surya Atap di Indonesiaid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordEnergi Baru Terbarukanid
dc.subject.keywordMinat Beliid
dc.subject.keywordPanel Suryaid
dc.subject.keywordStrategi Pemasaranid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record