dc.description.abstract | Jumlah koperasi yang belum memanfaatkan digitalisasi masih banyak bahkan
banyak juga koperasi yang tidak aktif. Koperasi terbagi menjadi lima jenis Koperasi
diantaranya Koperasi Produsen, Koperasi Pemasaran, Koperasi Simpan Pinjam,
Koperasi Jasa, dan Koperasi Konsumen. Walaupun sudah mengadaptasikan dengan
digitalisasi namun Koperasi Pemasaran Digital Idbotani Nusantara memiliki
beberapa permasalahan, apalagi dalam pengambangan marketplace nya. Data dari
website marketplace Koperasi Pemasaran Digital Idbotani Nusantara tercatat
selama periode 2021 hingga 2023 hanya terjadi 48 total transasi saja. Metode
analisis pada penelitian ini menggunakan Business Model Canva. Hasil Penelitian
Koperasi Pemasaran Digital Idbotani Nusantara merumuskan sebuah prototype
model bisnis di masa depan dengan strategi alternatif yang meliputi penambahan
segmen baru, pembaruan website, implementasi star seller, pembentukan
komunitas grup, kerjasama dengan mahasiswa, diversifikasi sumber pendapatan,
pembentukan toko retail, pengembangan unit bisnis baru, peningkatan kerjasama
dengan berbagai pihak, dan peningkatan pencatatan keuangan yang baik. | id |