Pengaruh Personal Selling dan Digital Marketing Terhadap Pembentukan Ekuitas Merek TOB Insurance Cabang Jakarta
Date
2023-01-18Author
Harikedua, Virgin Valentine
Purnaningsih, Ninuk
Hartoyo, Hartoyo
Metadata
Show full item recordAbstract
Asuransi TOB merupakan perusahaan asuransi yang baru berjalan tiga tahun
ini dianggap belum memiliki ekuitas merek (kekuatan merek) di mata pelanggan.
Fenomena ini didukung dari data penjualan dari premi yang diperoleh dari 6
bulan terakhir. Data penjualan September 2020 sd Februari 2021 menunjukkan
adanya pertumbuhan premi yang tidak stabil, dimana nilai premi yang seharusnya
meningkat setiap bulannya, bahkan di tahun 2021 diharapkan naik 2 kali lipat dari
tahun sebelumnya, justru tidak mengalami pergerakan yang signifikan. Kenaikan
premi setiap tahunnya menjadi target perusahaan sebagai bukti keberadaan
Asuransi TOB untuk memperluas portfolio dan mereknya di pasar asuransi
umum. Menurut data yang diambil dari webstite Badan Pusat Stastik, tahun 2020
terdapat sebanyak 77 perusahaan asuransi umum di Indonesia. Maka ini
menunjukkan ketatnya persaingan antar perusahaan asuransi umum yang menjual
produk yang sama dan hampir seseluruhan perusahaan sudah berjalan lebih dari 4
tahun. Ini yang menjadi tantangan Asuransi TOB dalam upayanya meningkatkan
ekuitas merek untuk dapat bersaing dengan kompetitor. Sehingga Asuransi TOB
perlu menganalisis serta memperkuat kembali dari dua kekuatan yang digunakan
Asuransi TOB yaitu personal selling dan digital marketing dalam mencapai
kesuksesannya pada tercapainya target tahunan selama berjalan 3 tahun terakhir.
Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi dan menganalisis persepsi personal
selling dan digital marketing terhadap pembentukan ekuitas merek serta
merumuskan implikasi manajerial yang akan diterapkan Asuransi TOB untuk
meningkatkan ekuitas merek. Teknik pengolahan dan analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis ekuitas
merek dengan Structural Equation Modelling (SEM) dengan pendekatan variance
(VB-SEM) dengan teknik Partial Least Squares (PLS-SEM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik personal selling dan digital
marketing berpengaruh signifikan terhadap brand awareness, brand association,
perceived quality, dan brand loyalty. Hubungan variabel eksogen personal selling
memiliki nilai pengaruh yang lebih besar terhadap brand awareness, association
dan brand loyalty dibandingkan digital marketing terhadap ketiga dimensi ekuitas
merek tersebut. Namun hubungan variabel eksogen digital marketing memiliki
nilai pengaruh yang lebih besar terhadap perceived quality dibandingkan personal
selling. Kecanggihan media digital ini yang mampu bersinergi dengan pelayanan
yang diberikan Asuransi TOB di era pandemi COVID 19, menjadi solusi
pergeseran perilaku customer. Dimensi-dimensi ekuitas merek yaitu brand
association, perceived quality dan brand loyalty tidak mempengaruhi ekuitas
merek secara signifikan. Hanya brand awareness yang berpengaruh signifikan
terhadap ekuitas merek. Total pengaruh personal selling terhadap pembentukan
ekuitas merek lebih besar dibandingkan total pengaruh digital marketing.
Temuan baru pada penelitian ini brand awareness memiliki pengaruh
signifikan terhadap pembentukan ekuitas merek namun hubungannya negatif,
Collections
- MT - Business [484]