Analisis Strategi Pemasaran Sayuran Hidroponik di PT Sumber Agro Semesta Tanjungsari Kabupaten Bogor
Date
2022Author
Nugraha, Rioktavian
Romli, Muhammad
Permatasari, Niken Ayu
Metadata
Show full item recordAbstract
PT Sumber Agro Semesta (SAS) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pertanian. PT SAS memanfaatkan hidroponik untuk menghasilkan produk sayuran segar. Pasar hidroponik masih terus berkembang, namun permintaan terhadap sayuran hidroponik PT SAS masih sedikit dan penjualan mengalami penurunan. Tujuan proyek ini adalah untuk menganalisis faktor lingkungan internal dan eksternal, memformulasikan alternatif strategi, dan menentukan prioritas strategi yang dapat diterapkan oleh PT SAS. Berdasarkan hasil penelitian, posisi PT SAS pada matriks IE berada pada sel II yaitu tumbuh dan membangun. Terdapat sebelas alternatif strategi yang dihasilkan. Strategi yang menjadi prioritas berdasarkan QSPM adalah memperluas wilayah pemasaran. PT Sumber Agro Semesta (SAS) is a company active in the agricultural sector. PT SAS uses hydroponics to produce fresh plant products. The hydroponic market is still growing, but the demand for PT SAS hydroponic vegetables is still low and sales have decreased. The right marketing strategy is one of the alternatives to increase PT SAS' marketing. The purpose of this project is to analyze internal and external environmental factors, formulate alternative strategies and determine strategic priorities that can be implemented by PT SAS. Based on the results of the study, the position of PT SAS in the IE matrix in cell II is growing and developing. Eleven alternative strategies were generated. The priority strategy based on QSPM is the expansion of the marketing area.