dc.description.abstract | Maraknya isu food waste mendorong pelaksanaan beberapa kampanye
sosial salah satunya kampanye sosial #HabiskanMakananmu. Tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi karakteristik dan menganalisis
efektivitas konten kampanye sosial pada #HabiskanMakananmu di Instagram.
Penelitian ini merupakan desain eksploratori dengan metode analisis isi. Teknik
pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 200 konten
kampanye sosial di Instagram menggunakan metode analisis konten. Data diolah
dengan tabulasi silang dan interpretasi deskriptif menggunakan aplikasi Microsoft
Excel, IBM SPSS Statistics 25.0, dan web Voyant sebagai aplikasi pengolahan data
kualitatif. Hasil efektivitas konten menunjukkan sebagian besar konten sudah
menarik, menggunakan bahasa baku dalam penyampaian pesan, mengandung dua
hingga tiga informasi, menimbulkan rasa sadar dan simpati pada pembaca, serta
berpotensi mengubah perilaku pembaca. Kepada pembaca konten diharapkan
dapat memilih dan membaca konten dengan bijak serta turut menerapkan
kebiasaan yang dapat mengurangi sampah makanan. | id |