Show simple item record

dc.contributor.advisorSuharno, Amzul Rifin
dc.contributor.authorPinto, Joaquina da Silva
dc.date.accessioned2022-02-03T06:11:03Z
dc.date.available2022-02-03T06:11:03Z
dc.date.issued2022-01-31
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/110968
dc.description.abstractCengkeh merupakan salah satu komoditi Indonesia yang bernilai tinggi yang diperdagangkan di pasar dunia. Manfaat cengkeh adalah dijadikan bumbu makanan, sebagai bahan dasar rokok kretek, kosmetik dan obat-obatan. Cengkeh Indonesia tidak hanya dibutuhkan di pasar domestik namun juga diperdagangkan di pasar dunia. Berdasarkan data dari Trade Map (2019) & UN Comtrade (2020), cengkeh Indonesia di minati oleh berbagai negara seperti India, Vietnam, China, United Arab Emirates, Pakistan, dan negara-negara lainnya, namun untuk saat ini permintaan tertinggi cengkeh Indonesia di dominasi oleh pasar India pada periode 2019-2020. Permintaan cengkeh Indonesia di pasar India mengalami fluktuasi sepanjang tahun 2010- 2018, namun pada periode 2019-2020 permintaan cengkeh Indonesia mengalami peningkatan, dikarenakan tingginya kebutuhan India terhadap komoditi cengkeh untuk keperluan dalam negeri maupun untuk re-ekspor. Penelitian ini penting dilakukan mengingat Indonesia bukan satu-satunya negara yang memenuhi permintaan cengkeh impor India, namun terdapat pula beberapa negara lain yang ikut memenuhi permintaan cengkeh India seperti Madagascar, Sri Lanka, dan Comoros. Penelitian ini dengan tujuan untuk melihat posisi persaingan cengkeh Indonesia di negara India. Kinerja ekspor cengkeh Indonesia ke pasar India dianalisis menggunakan sistem permintaan cengkeh India dengan menerapkan Linearised Approximate Almost Ideal Demand System (LA/AIDS). Variabel dependen adalah share dari keempat negara eksportir, dan variabel independennya adalah harga cengkeh dari Indonesia, Madagascar, Sri Lanka, dan Comoros di pasar India. Riset ini menggunakan data sekunder berupa data time series dari periode 2010-2020. Hasil dari studi ini adalah cengkeh Indonesia, Madagascar, dan Comoros responsif terhadap perubahan pengeluaran India. Apabila terjadinya perubahan harga cengkeh Indonesia maka India akan beralih ke cengkeh Madagascar dan Comoros dikarenakan cengkeh dari kedua negara dianggap memiliki kualitas yang baik. Indonesia dapat meningkatkan lagi posisi pasar cengkeh di pasar India dengan meningkatkan volume ekspor cengkeh yang berkualitas dengan harga yang bersaing sesuai yang diinginkan pasar India. Strategi pemasaran ekspor Indonesia dengan meningkatkan volume ekspor cengkeh yang berkualitas, serta menurunkan tarif akan meningkatkan kinerja ekspor cengkeh Indonesia di pasar India.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleKinerja Ekspor Cengkeh Indonesia di Pasar India: Pendekatan Linear Approximate Almost Ideal Demand System (LA/AIDS).id
dc.title.alternativeIndonesian Clove Export Performance In Indian Market: Linear Approximate Almost Ideal Demand System (LA/AIDS) Approachid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordClovesid
dc.subject.keywordCompetitive positionid
dc.subject.keywordDemand of Elastisityid
dc.subject.keywordLA/AIDS.id


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record