Show simple item record

dc.contributor.advisorArsyianti, Laily Dwi
dc.contributor.authorFitri, Qoriatul
dc.date.accessioned2021-12-01T05:37:45Z
dc.date.available2021-12-01T05:37:45Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/110053
dc.description.abstractPedagang pasar tradisional merupakan bagian dari UMKM yang masih mengalami masalah klasik terkait permodalan. Pasar merupakan tempat bagi UMKM menjual hasil produknya. Pedagang dalam menjalankan usahanya memiliki kendala dan masih memerlukan pembiayaan. Hanya terdapat satu lembaga keuangan mikro syariah yang menyediakan akses kepada para pedagang Pasar Tradisional Karangampel, yaitu, Baitul Maal wat Tamwil. Penelitian bertujuan mengetahui preferensi pedagang pasar tradisional dalam memilih sumber pembiayaan serta faktor yang mempengaruhinya. Sampel penelitian ini adalah 70 responden. Sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling (tidak acak) dan snowball sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan variabel pengetahuan dan pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap preferensi memilih lembaga keuangan mikro syariah. Variabel pendapatan berpengaruh negatif signifikan terhadap preferensi memilih lembaga keuangan mikro syariah. Sementara pendidikan, citra lembaga dan religiusitas tidak memiliki pengaruh.id
dc.description.abstractTraditional market traders are part of MSMEs that are still experiencing classic problems related to capital. A market is a place for MSMEs to sell their product. Traders in trying to have obstacles and still need financing. There is only one sharia microfinance institution that provides access to Karangampel Traditional Market traders, namely Baitul Maal wat Tamwil. This study aims to determine the preferences of traditional market traders in choosing a source of financing and the factors that influence it. The sample of this research is 70 respondents. The sample was determined using purposive sampling (not random) and snowball sampling. The method used in this study uses logistic regression analysis. The results show that knowledge and service variables had a significant positive effect on preferences for choosing Islamic microfinance institutions. The income variable has a significant negative effect on preferences for choosing Islamic microfinance institutions. While education, institutional and religious image have no influence.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis Preferensi Pedagang Pasar Tradisional terhadap Pembiayaan Mikro Syariah(Studi kasus: Pasar Tradisional Karangampel Indramayuid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordBMTid
dc.subject.keywordtraditional market tradersid
dc.subject.keywordfinancing preferencesid
dc.subject.keywordlogistic regressionid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record