Show simple item record

dc.contributor.advisorSimanjuntak, Megawati
dc.contributor.advisorAsnawi, Yudha Heryawan
dc.contributor.authorAkbar, Hafizh
dc.date.accessioned2021-08-16T06:48:25Z
dc.date.available2021-08-16T06:48:25Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/108485
dc.description.abstractIndeks pengembangan manusia, yaitu komposisi dari peringkat pencapaian pendidikan, kesehatan, dan penghasilan per kepala, menempatkan Indonesia di urutan ke-107 dari 189 negara di dunia. Sekolah swasta seperti sekolah Islam terpadu hadir sebagai salah satu solusi persoalan pendidikan di Indonesia. Sekolah Islam terpadu telah memberi warna baru bagi perkembangan pendidikan di Indonesia. Perkembangan jumlah sekolah swasta terus meningkat dari tahun ke tahun dan memengaruhi persaingan antar sekolah saat penerimaan siswa baru. Persaingan antar lembaga pendidikan terjadi dalam bentuk pemberian fasilitas gratis pada saat penerimaan siswa baru dan kualitas proses pembelajaran yang ditawarkan. Persaingan antar sekolah telah mendorong penelitian-penelitian di bidang pemasaran pendidikan. Salah satunya penelitian tentang faktor-faktor yang memengaruhi keputusan orang tua siswa dalam memilih sekolah. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh religiosity, reputasi sekolah, produk dan perceived service quality terhadap keputusan pemilihan orang tua pada sekolah Islam terpadu. Tujuan selanjutnya menganalisis pengaruh keputusan pemilihan orang tua pada sekolah Islam terpadu terhadap kepuasan, menganalisis pengaruh kepuasan terhadap positive word of mouth dan merumuskan strategi sekolah Islam terpadu untuk meningkatkan keputusan pemilihan orang tua, kepuasan dan positive word of mouth. Penelitian dilakukan dari bulan Maret sampai April 2021 terhadap 183 responden yang diambil dari orang tua siswa sekolah Islam terpadu. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar secara online. Data dianalisis menggunakan structural equation modeling dengan bantuan aplikasi lisrel versi 8.80 untuk melihat signifikansi hubungan antar variabel. Strategi sekolah dirumuskan berdasarkan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiosity berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pemilihan orang tua. Reputasi sekolah, produk dan perceived service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pemilihan orang tua. Keputusan pemilihan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan, dan kepuasan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap positive word of mouth. Analisis SWOT terhadap faktor eksternal dan internal sekolah menghasilkan beberapa strategi yang dapat dilihat pada matriks SWOT. Total skor yang diperoleh dari evaluasi faktor eksternal dan internal dan hasil plot pada matriks general electric menempatkan SMAIT Alfityan School Aceh pada kuadran 5, artinya sekolah memiliki kekuatan bisnis dan daya tarik sekolah rata-rata.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePengaruh Keputusan Pemilihan pada Sekolah Islam Terpadu terhadap Kepuasan dan Positive Word of Mouthid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordKeputusan Pemilihanid
dc.subject.keywordKepuasanid
dc.subject.keywordPerceived Service Qualityid
dc.subject.keywordPositive Word Of Mouthid
dc.subject.keywordReligiosityid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record