Show simple item record

dc.contributor.advisorMulyati, Heti
dc.contributor.authorFaris, Riyan
dc.date.accessioned2021-05-18T01:08:30Z
dc.date.available2021-05-18T01:08:30Z
dc.date.issued2020-07
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/106782
dc.description.abstractPrawiranegara merupakan rumah sakit umum milik Pemerintah Kabupaten Serang. Peran Sumber Daya Manusia (SDM) di rumah sakit tersebut merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan pelayanan rumah sakit. Manajemen Sumber Daya Manusia perlu diperhatikan terutama dalam pengelolaan pengetahuan sehingga diharapkan dapat menumbuhkembangkan inovasi dan meningkatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manajemen pengetahuan terhadap peningkatan inovasi dan kualitas pelayanan, serta menganalisis pengaruh inovasi terhadap kualitas pelayanan di RSUD Drajat Prawiranegara Kabupaten Serang. Jenis data terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dan pengisian kuisioner dari responden. Data sekunder diperoleh dari laporan rumah sakit yaitu berupa data kunjungan pasien dan jenis inovasi proses pelayanan di RSUD Drajat Prawiranegara Kabupaten Serang. Sampel berjumlah 91 responden dengan prosedur pengambilan sampel berdasarkan non-probability sampling, berupa purposive sampling. pengolahan data menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Hipotesis dalam penelitian ini yaitu manajemen pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi, manajemen pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan, inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif secara langsung antara manajemen pengetahuan pengetahuan terhadap inovasi dimana dengan penerapan manajemen pengetahuan yang optimal akan meningkatkan inovasi dalam proses pelayanan kesehatan. Terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan antara manajemen pengetahuan terhadap kualitas pelayanan, akan tetapi inovasi memberikan pengaruh positif terhadap kualitas pelayanan. Maka dari itu pengelolaan sumber daya manusia di rumah sakit Drajat Prawiranegara harus dilakukan secara komperhensif. Dalam penelitian ini kami merekomendasikan pelatihan pelayanan kesehatan secara bertahap dan perbaikan kerja sama antar bidang kerja, baik itu karyawan medis dan non medis dalam menghadapi tantangan serta tuntutan dari perubahan pelayanan kesehatan.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePengaruh Manajemen Pengetahuan terhadap peningkatan Inovasi dan Kualitas Pelayanan di RSUD Drajat Prawiranegara Kabupaten Serangid
dc.title.alternativeEffect of Knowledge Management on improving Innovation and Service Quality of Drajat Prawiranegara District Hospital in Serang Regencyid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordknowledge managementid
dc.subject.keywordinnovationid
dc.subject.keywordorganizational performanceid
dc.subject.keywordSEM-PLSid
dc.subject.keywordDrajat Prawiranegara District Hospitalid
dc.subject.keywordSerang Regencyid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record