Analisis Perubahan Omzet UMKM Makanan dan Minuman Setelah Sertifikasi Halal di Kota Bogor
View/ Open
Date
2020Author
Khairunnisa, Hana
Lubis, Deni
Hasanah, Qoriatul
Metadata
Show full item recordAbstract
Sertifikasi halal merupakan sebuah langkah strategis bagi perusahaan untuk tetap mempertahankan konsumen serta menjadi pembeda dengan perusahaan pesaing. Sebagian besar penelitian terdahulu telah membuktikan sertifikat halal berpengaruh terhadap perolehan omzet usaha berskala besar. Namun, belum banyak penelitian yang membuktikannya terhadap UMKM khususnya di Kota Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik umum pemilik UMKM dan karakteristik usahanya, menganalisis perubahan perolehan omzet sebelum dan sesudah memiliki sertifikat halal, dan faktor-faktor yang memengaruhi peningkatan omzet UMKM setelah memiliki sertifikat halal. Data penelitian dikumpulkan melalui proses wawancara kepada 40 pelaku UMKM makanan dan minuman yang memiliki sertifikat halal di Kota Bogor. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji-t sampel berpasangan dan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perubahan omzet UMKM sebelum dan sesudah memiliki sertifikat halal. Faktor-faktor yang memengaruhi peningkatan perolehan omzet UMKM setelah memiliki sertifikat halal secara positif dan signifikan adalah modal, jam kerja, lama usaha, dan dummy promosi.
Collections
- UT - Syariah Economic [394]